Dalam dunia usaha, kata Anggaran pasti sangat sering kita dengar. Walaupun hal ini penting dalam dunia usaha, namun tidak banyak yang bisa melakukannya karena belum melihat manfaatnya. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang Anggaran Usaha. Dalam melakukan kegiatan usaha, pasti ada saatnya kita harus memprediksi biaya dan pendapatan yang akan muncul di masa depan.

Salah satu cara efektif untuk memprediksi keuangan masa depan adalah dengan menerapkan anggaran, atau penganggaran. Anggaran atau budget adalah pernyataan berupa data kuantitatif tentang suatu rencana pengambilan keputusan serta alat untuk membantu mengatur, mengarahkan dan melaksanakan suatu rencana.

Contents

Anggaran Usaha  Adalah?

Anggaran usaha adalah rencana keuangan yang dibuat oleh perusahaan untuk mengelola pengeluaran dan pendapatan selama periode tertentu. Anggaran ini dapat membantu perusahaan untuk merencanakan dan memantau keuangan mereka dengan lebih efektif. Namun, proses penganggaran usaha dapat menghadapi beberapa kendala yang dapat menyebabkan kesalahan fatal dalam penganggaran dana.

Kesalahan fatal dalam anggaran ini dapat menyebabkan perusahaan kehilangan kepercayaan investor dan kreditor, serta menurunkan kemampuan mereka untuk berkembang. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan semua faktor yang bisa mendapatkan Demo Gratis!

Karakteristik Anggaran Usaha

Berikut ini ada Ada beberapa karakteristik dalam anggaran usaha, yaitu:

Dinyatakan Dalam Satuan Uang Tertentu

Anggaran harus dinyatakan dalam satuan mata uang tertentu, hal ini di adakan agar dapat dibaca dengan benar.

Mencakup Jangka Waktu Tertentu

Anggaran yang ditetapkan harus memiliki jangka waktu tertentu, karena semakin jauh jangka waktunya maka anggaran akan semakin tidak akurat. Oleh karena itu, anggaran yang baik harus dibatasi dengan jangka waktu tertentu dan tidak boleh terlalu jauh dari waktu pembuatan anggaran.

Mengandung Komitmen

Manajer yang telah menyetujui adanya anggaran ini harus menerima semua tanggung jawab yang ada untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Disetujui Oleh Otoritas Yang Lebih Tinggi

Anggaran harus disetujui oleh orang yang memiliki otoritas lebih tinggi dari penyusun anggaran.

Tidak Dapat Diubah Setelah Disetujui

Anggaran yang telah ditetapkan tidak dapat diubah, kecuali ada masalah khusus sehingga anggaran harus diubah.

Realisasinya Akan Dibandingkan

Realisasi anggaran harus dibandingkan dengan anggaran secara berkala, dan perbedaan yang terjadi akan dianalisis dan harus dijelaskan secara logis.

Manfaat Membuat Anggaran Usaha

Dengan membuat anggaran usaha, kita dapat melakukan beberapa hal dalam keuangan perusahaan kita, Beberapa diantarannya sebagai berikut ini:

Bantu Perencanaan

Perencanaan menjadi lebih fokus dengan anggaran. Sehingga masa depan bisa kita dilihat dan diukur dengan lebih akurat.

Sebagai Tolok Ukur Pelaksanaan Suatu Kegiatan

Dengan adanya anggaran sebagai dasar pelaksanaan suatu kegiatan maka anggaran ini dapat dijadikan sebagai tolok ukur keberhasilan suatu kegiatan. Apabila kegiatan tersebut mendekati anggaran, berarti kegiatan tersebut dapat dikatakan berhasil secara finansial.

Meningkatkan Komunikasi Dan Koordinasi Dalam Organisasi

Ketika suatu kegiatan atau organisasi memiliki anggaran yang jelas, maka komunikasi yang terjalin lebih terarah dan dapat terus meningkat dari waktu ke waktu.

Baca Juga : Cara Mengatasi Insert Citation Mendeley Tidak muncul di Word

Tahap Pembuatannya Anggaran usaha

Menganalisis Pedoman Anggaran

Saat masa kerja selesai, jangan keluarkan anggaran usaha dari laporan. Karena Laporan anggaran usaha periode sebelumnya dapat menjadi pedoman untuk anggaran berikutnya. Tentu ada panduan lain yang biasanya akan dibutuhkan, seperti analisis pasar, analisis tren pemasaran, dan lain sebagainya. Bahkan jika perlu, Anda sebagai top manajemen perusahaan bisa membentuk tim khusus untuk menangani hal tersebut.

Perencanaan Kegiatan Dan Program Kerja

Kemudian langkah selanjutnya adalah merencanakan program kerja. Jika perusahaan memiliki tim perencanaan, tentu hal ini akan menjadi tugas mereka dengan analisis usaha apa pun yang dilakukan. Namun jika tidak ada tim perencana, tim khusus bisa mengumpulkannya dari semua tim yang bertanggung jawab di bidangnya masing-masing. Meski terkesan bekerja sendiri, komunikasi dan koordinasi antar tim harus dilakukan semaksimal mungkin.

Tentukan Anggaran

Pada tahap ini, setiap tim harus membahas anggaran yang dibutuhkan di dalam perusahaan. Artinya, jangan sampai anggaran kurang dari jumlah minimum biaya program. Langkah selanjutnya adalah menganalisis komponen dari setiap kegiatan untuk memastikan bahwa semuanya merupakan komponen wajib dan mendukung program.

Tinjau Anggaran Dan Setujui

Proses review draf anggaran yang detail akan membuat anggaran usaha lebih valid, meski memakan waktu yang lama. Anggaran yang telah disepakati bersama akan disetujui oleh pimpinan perusahaan setelah dilakukan review. Salinan juga perlu didistribusikan ke semua tim untuk pengendalian bersama.

Pelaksanaan Anggaran

Tahapan terakhir tentu saja implementasi atau pelaksanaan anggaran yang sah. Dalam proses pelaksanaannya, tim perencana atau tim khusus akan melakukan monitoring dan evaluasi singkat yang selanjutnya akan dilaporkan kepada manajemen perusahaan secara berkala. Apabila ditemukan anggaran berlebih karena faktor eksternal yang tidak dapat dihindari, maka pembahasan dan penetapan solusi harus segera dilakukan.

Demikian ulasan tentang Karakteristik  Dan Manfaat Anggaran Usaha, semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *