Jakarta, Sibayaknews.com | Anta Tarigan ( Saudaranta Tarigan , diaspora Karo global, seorang Advokat Indonesia yang saat ini tinggal dan bekerja di Korea Selatan mendukung pengiat/aktivis Lokal ( Indonesia), Sam Nangins Asal Kab. Karo Provinsi Sumut ketika bertemu dan berdiskusi di Jakarta, bersama diaspora Karo lainnya lain Budianto Surbakti dan Pt.Em Amos Tarigan.

Anta Tarigan menjelaskan bahwa kemajuan di Tanah Karo merupakan tanggung jawab bersama, orang Karo yang tinggal di Karo dan diaspora Karo di mana saja, (dalam maupun luar negeri). Kemajuan dan perubahan di Karo membutuhkan perhatian dan dukungan kita bersama.

Kita mendorong lebih banyak aktifis di Tanah Karo bergabung bersama-sama untuk membawa perubahan Karo.

Seperti halnya di negara-negara yang telah maju, Korea dan Jepang misalnya, kita butuh orang orang yang memiliki etos kerja dan nilai nilai global agar pertama-tama menjadi contoh dan pendobrak untuk kemajuan Tanah Karo simalem.

Memiliki nilai global dan etos kerja menjadi semacam ‘screening awal’, untuk bisa bergabung di gerakan Karo Ersikap Global.

Saat ini, sejumlah diaspora Karo yang tinggal di Jakarta dan di luar negeri telah membangun komunikasi yang intens untuk membentuk sebuah Yayasan, diberi nama: “Yayasan Karo Ersikap Global” yang dapat mewadahi dan memfasilitasi dukungan para diaspora Karo dimanapun berada untuk tanah Karo.

Yayasan ini kedepannya diharapkan dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan dibidang peningkatan sumber daya manusia Karo berwawasan global, secara berkelanjutan, transparan dengan outcome terukur.

Hal ini penting karena Yayasan Karo Ersikap Global perlu mendapatkan ‘public-trust’ terlebih dulu serta menjaganya. Yayasan Karo Ersikap Global harus memiliki kredibilitas!!.

Adapun maksud pendirian Yayasan ini, kelak akan menghasilkan karya nyata untuk Tanah Karo dengan berfokus pada bidang Pendidikan dan sosial.

Anta Tarigan yang telah lama tinggal di Korea Selatan ini ( sudah berstatus permanent resident atau ‘Green Card’ di Negeri Ginseng) juga menyampaikan bahwa nilai nilai yang dimiliki oleh masyarakat sangat penting untuk membawa perubahan dan kebangkitan suatu negara, terutama nilai kedisplinan, kejujuran, komitmen. Selain itu diperlukan etika dan etos kerja, dll,.

Sebagai contoh, di Korea jika kita naik Taxi dan penumpang belum memakai sabuk Pengaman/ Seat belt, maka taksi itu tidak akan jalan, ini kan hal kecil sebenarnya…namun dampaknya luar biasa kan??? Taxi enggak jalan, dan tentunya takkan sampai di Tujuan…”

Senada dengan Budianto Surbakti , diaspora Karo yang saat ini tinggal di Jakarta dan pernah maju sebagai kandidat Wakil Bupati Karo menambahkan bahwa penting memiliki ‘spirit dan komitmen seperti yang dimiliki oleh orang Jepang.!.

Spirit untuk maju yang dimiliki orang Jepang dari generasi ke generasi, telah terbukti membuat negara Jepang menjadi maju, sehingga saat ini.

Sedangkan Amos Tarigan, mantan General Manager Telkom, yang saat ini berkiprah di Yayasan BUMN, berharap agar generasi muda Karo semakin memiliki peluang berkarir di luar negeri khususnya di Korea dan negara lain, dimana diaspora Karo lainnya bermukim.

Pada Senin 21 November 2022, Anta Tarigan, Amos Tarigan dan Budianto Surbakti dan Prof Darwin Sebayang yang berperan sebagai pendiri Yayasan, akan memulai tahapan pendirian Yayasan Karo Ersikap Global, ditandai dengan pemberian Surat Kuasa kepada Aktivis Genuine, Sam Nangins untuk pengurusan legalitas pendirian Yayasan Karo Ersikap Global di Tanah Karo. Mejuah-juah. Red

Reporter : Janri Ginting.

 

 

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *