Rokok merupakan pabrik yang terbuat dari bahan kimia yang sangat berbahaya. Hanya dengan membakar dan menghisap sebatang rokok saja, lebih dari 4000 jenis bahan kimia dapat dihasilkan, 400 di antaranya bersifat racun dan 40 di antaranya dapat menumpuk di dalam tubuh dan dapat menyebabkan kanker.

Rokok juga merupakan zat adiktif karena dapat menimbulkan adiksi (kecanduan) dan ketergantungan (dependency) bagi orang yang menghisapnya. Dengan kata lain, rokok juga termasuk dalam kelompok narkoba yaitu (Narkotika, Psikotropika, Alkohol, dan Zat Adiktif).

 

Berbagai Penyakit Akibat Merokok

1.Penyakit jantung

Merokok dapat menyebabkan aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini disebabkan oleh penumpukan zat lemak di arteri, lemak dan plak dapat menyumbat aliran darah dan mempersempit arteri. Hal ini dapat menyebabkan penyakit jantung.

Jantung harus bekerja lebih keras dan tekanan ekstra dapat menyebabkan angina atau nyeri dada. Ketika satu atau lebih arteri menjadi benar-benar tersumbat, serangan jantung terjadi.

Jika semakin banyak rokok yang dihisap oleh tubuh dan semakin lama seseorang merokok, maka semakin besar kemungkinan orang tersebut akan terkena penyakit jantung atau terkena serangan jantung atau stroke.

 

2.Penyakit paru-paru

Risiko terkena pneumonia, emfisema dan bronkitis kronis akan meningkat karena merokok. Penyakit ini sering disebut sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Penyakit paru-paru ini dapat berkembang dan memburuk dari waktu ke waktu sampai orang tersebut akhirnya meninggal karena kondisi tersebut. Bagi orang yang berusia 40 tahun ke atas bisa terkena emfisema dan bronkitis, namun gejala ini biasanya akan jauh lebih buruk di kemudian hari.

 

3.Kanker paru-paru dan kanker lainnya

Kanker paru-paru telah lama dikaitkan dengan kebiasaan merokok. Dan juga dapat berkontribusi langsung terhadap kanker lain seperti mulut, kotak suara atau laring, tenggorokan dan kerongkongan. Merokok juga telah dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti kanker ginjal, pankreas lambung, leher rahim, kandung kemih, dan kanker darah (leukemia). Baca Juga : Obat Epilepsi Tradisional Dari Daun Sirsak

Baca Juga :Hati-hati 8 macam penyakit mata

4.Diabetes

Merokok juga dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. Menurut Klinik Cleveland. Merokok juga dapat menyebabkan komplikasi pada diabetes, seperti penyakit mata, penyakit ginjal, penyakit jantung, penyakit pembuluh darah, stroke dan masalah kaki.

 

5.Impotensi

Merokok merupakan salah satu faktor risiko utama penyakit pembuluh darah perifer, yang dapat mempersempit pembuluh darah yang membawa darah ke seluruh area tubuh. Pembuluh darah ke penis mungkin terpengaruh karena pembuluh darah sangat kecil dan dapat menyebabkan disfungsi ereksi atau impotensi.

 

6.Kebutaan

Perokok memiliki peningkatan risiko degenerasi makula, penyebab kebutaan pada orang tua. Sebuah studi yang diterbitkan dalam buku ‘Archives of Ophthalmology’ pada tahun 2007 menyatakan bahwa perokok empat kali lebih mungkin daripada bukan perokok untuk mengembangkan degenerasi makula ini, yang dapat merusak makula, pusat retina, dan juga dapat merusak penglihatan sentral yang tajam.

7.Penyakit mulut

Selain kanker mulut dan leher, merokok juga dapat meningkatkan risiko penyakit gusi dan juga menyebabkan masalah pada gigi dan pernapasan. Merokok dapat mengganggu proses penyembuhan dengan mengurangi oksigen dan nutrisi ke jaringan gusi. Jaringan cenderung tidak merespon pengobatan, menyebabkan kerusakan gusi dan kehilangan gigi.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *