Sibayaknews.com Jordi Amat adalah pemain terbaru yang diisukan akan membela timnas Indonesia, pemain yang biodatanya saat ini tercatat sebagai warna Spanyol.

Jordi yang namanya sempat melambung beberapa tahun lalu saat bermain di Liga Inggris, kini telah menyatakan kesediaannya untuk membela timnas Indonesia yang akan menjadi tim seniornya di level internasional.

Sebagai bek, apakah Jordi akan menambah nilai tim Indonesia jika keinginannya terwujud? Pada kesempatan kali ini, kami uraikan profil singkat para pemain yang pernah bermain untuk timnas Spanyol di level U-21.

Pria Katalan
Dalam data yang didapat dari transfermarkt, Jordi adalah pemain Spanyol yang lahir di Barcelona 29 tahun lalu, posisi aslinya adalah seorang bek tengah dan sekarang ia bermain untuk klub Liga Belgia KAS Eupen.

Baca Juga : Sukmawati soekarnoputri pindah agama hindu
Meski besar di Catalan, Jordi tidak begitu akrab dengan Barcelona, ​​ia justru lebih dekat dengan rival sekota Barcelona, ​​Espanyol. Dari Espanyol U-19, Espanyol B, hingga tim utama Espanyol berhasil ia pertahankan. Dua klub lain yang pernah ia bela di Liga Spanyol adalah Rayo Vallecano dan Real Betis.

 

Mengalami Liga Premier bersama Swansea City
Dari segi prestasi, Jordi bisa dibilang salah satu pemain keturunan Indonesia dengan catatan karir yang luar biasa karena pernah membela klub Wales, Swansea City di Premier League. Selama empat tahun, Jordi bermain di kasta tertinggi sepakbola Inggris, ia menjadi salah satu andalan The Swans di lini belakang saat dilatih oleh Michael Laudrup.

Jordi membuat 72 penampilan untuk Swansea di semua kompetisi, termasuk ketika Swans bermain di kasta kedua sepak bola Eropa, Liga Europa. Sebagai bek tengah, Jordi bisa dibilang pemain yang disiplin dan jarang melakukan pelanggaran yang tidak penting, terbukti dengan tidak pernah mendapatkan kartu merah saat bermain untuk Swansea.

Musim terbaik Jordi bersama Swansea terjadi pada musim 2013-14 dan musim 2016-17, di dua musim tersebut, Jordi dipercaya membuat 17 penampilan untuk The Swans di Premier League, sebuah kepercayaan khusus yang ditunjukkan klub kepadanya.

Membela Spanyol di Level Junior

Dari level internasional, karir Jordi tidak terlalu mentereng karena tidak pernah mendapat panggilan dari tim senior Spanyol, Jordi hanya membela Spanyol di tim junior, bersama tim U-19, U-20 dan U-21. Penampilannya yang paling banyak untuk Spanyol datang di tim U-21, dengan total 15 caps setelah melakukan debut untuk negara kelahirannya pada 1 September 2011.

                             Jordi Amat

Punya Keturunan Indonesia dari Nenek

Setelah berkeliling ke beberapa klub Eropa, kini Jordi tiba-tiba muncul dengan pengakuan mengejutkan karena pemain asal Spanyol ini mengaku memiliki darah Indonesia yang berasal dari neneknya. Makassar, Sulawesi adalah tempat kelahiran neneknya, Jordi sangat menghargai warisan neneknya Indonesia, salah satu sosok yang paling berharga untuk perkembangannya sebagai pemain sepak bola profesional.

Dan melalui pengakuan terakhirnya, Jordi membuka kemungkinan bermain untuk timnas Indonesia di level internasional, sebuah langkah yang menurutnya tepat karena masih ada darah Indonesia di tubuhnya dan kecintaannya pada Indonesia sama besarnya dengan cintanya. untuk Spanyol.

Masih harus dilihat apakah PSSI akan menanggapi pengakuan Jordi dan memberinya kesempatan untuk tampil di tim senior, satu hal yang pasti, pengalamannya di sepakbola Eropa akan sangat berguna bagi para pemain muda Indonesia.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *