Beberapa tahun terakhir, bisnis laundry menjadi bisnis yang menjanjikan. Generasi milenial dan orang-orang yang sangat sibuk sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk mencuci menjadi sasaran utama bisnis ini. Belum lagi, membuka bisnis laundry yang tentunya memiliki pesaing.

Layanan laundry yang mengutamakan waktu pengerjaan juga akan cepat mendapatkan pelanggan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Anda berminat membuka Bisnis Laundry ini. Langsung saja simak uraian berikut ini!

Modal Dan Lokasi Laundry

Modal dan tempat usaha adalah dua elemen penting pertama yang harus ada. Sebelum Anda mulai mencari pelanggan, pastikan Anda memiliki modal, baik itu untuk bekerja sendiri maupun bekerja sama dengan pihak lain. Kemudian, setelah modal, Anda juga harus mempertimbangkan tempat usaha. Pilih tempat yang padat penduduk. Kalau bisa area perkantoran atau kampus. Semakin sibuk lingkungan, semakin besar peluang bisnis Anda untuk berkembang.

Peralatan Laundry

Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan adalah alat dan perlengkapan laundry. Tentu saja, Anda membutuhkan mesin cuci dan pengering. Namun, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak perlu langsung membeli mesin laundry ini dalam jumlah banyak. Beli satu atau dua mesin terlebih dahulu, jika bisnis Anda berkembang, Anda dapat menambah mesin lagi. Selain mesin, tentunya Anda membutuhkan ember, gantungan baju, sikat, meja dan kursi, keranjang baju, rak, setrika dan perlengkapan lainnya.

Pilih Bahan Kimia Cucian

Kimia laundry juga harus dimiliki. Kimia laundry ini meliputi pelembut, deterjen, penghilang noda, pelumas pakaian, pewangi khusus laundry, dll. Kimia laundry yang baik akan membantu cucian anda dikenal banyak orang. Pilih bahan kimia laundry yang berkualitas baik, tetapi pertimbangkan juga harganya. Pastikan Anda membeli jenis laundry kimia yang sesuai dengan pendapatan Anda per kilo laundry. Membeli bahan kimia laundry yang terlalu mahal justru akan membuat Anda rugi.

Pertimbangkan Untuk Merekrut Karyawan Atau Tidak?

Setelah kebutuhan utama terpenuhi, Anda bisa memikirkan apakah perlu merekrut karyawan atau tidak. Kehadiran karyawan ini akan membantu proses menjadi lebih cepat. Namun, jika Anda merasa membutuhkan karyawan baru seiring berjalannya bisnis, itu juga tidak masalah. Ingat, karyawan akan membutuhkan gaji dan fasilitas tertentu. Jadi, merekrut karyawan berarti Anda siap membayar apapun yang mereka butuhkan.

Perhatikan Trik Pemasaran Dan Tingkat Persaingan

Bisnis laundry ini banyak diminati, sehingga tingkat persaingan akan semakin ketat. Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing, sehingga Anda dapat menemukan celah dalam inovasi yang harus Anda lakukan. Selain itu, untuk mengenalkan laundry Anda kepada masyarakat, Anda dituntut untuk memiliki trik marketing sendiri. Entah itu dengan membagikan flyer, memberikan diskon kepada pelanggan tetap, atau mungkin membuat iklan secara online. Sistem shuttle juga bisa menarik pelanggan lho.

Manajemen Keuangan

Kemudian yang terakhir adalah manajemen keuangan. Pastikan bahwa Anda memiliki sistem keuangan yang kuat dan baik. Hal ini agar bisnis tidak mengalami arus kas yang bermasalah. Sekalipun bisnis itu milik Anda, jangan mencampurkan uang pribadi dan uang cucian. Pastikan Anda memiliki kuitansi, catatan laundry pelanggan, dan uang masuk dan keluar untuk kebutuhan laundry.

Untuk membantu anda mengatasi masalah pencatatan uang (agar tidak tercecer). Pastinya bermanfaat dan mudah digunakan guys. Setiap bisnis pasti memiliki resiko untung dan rugi. Hanya saja, Anda bisa membuat perencanaan sebaik mungkin agar bisnis berjalan dengan baik. Sepintas, membuka laundry ini terdengar mudah, namun jika Anda tidak mempersiapkannya dengan matang, bisnis Anda bisa gagal.

Demikian ulasan artikel tentang Wow, Inilah Beberapa Hal Yang Harus Dipersiapkan Untuk Memulai Bisnis Laundry seperti yang dilansir dari berita manado terpercaya. Semoga bermanfaat.

Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *